DAFTAR UPDATE MANGA TERBARU BAHASA INDONESIA DISINI
Judul Komik Chapter Baca Comic Scanlation/ Translator
High School Of The Dead 17 Baca Online 4312m
Naruto 527 Baca Online 4312M
Beelzebub 96 DOWNLOAD Sipirok
Detective Conan 765 Baca Online D N B
CODE BREAKER 116 Baca Online 4312m
CODE BREAKER 115 Baca Online 4312m
CODE BREAKER 113 Baca Online Manga-freak

Translate To Your Language !!!

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

MENGHADAPI KOMENTAR NEGATIF PENGUNJUNG

Dalam ngeblog ada satu hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik blog yaitu menjawab komentar pembaca.Komentar-komentar dari pembaca bisa bermacam-macam,dapat berupa pujian, kritikan, sanggahan  dan sebagainya.Kadangkala juga didapatkan  komentar yang asal lewat saja, seperti,”Hai, salam kenal…”. Atau ,” Hallo, tukar link yuk”.Komentar-komentar ini tidak ada hubungannya dengan isi postingan.Padahal si pemilik blog mengharapkan komentar yang menyangkut isi postingannya.Komentar tersebut dapat dikatakan spam dan  biasanya akan lagsung difilter oleh Akismet , suatu plugin pada wordpress yang menfilter komentar yang berbau spam.
Nah lantas gimana nih cara menghadapi komentar-komentakayak begitu?
Kalau komentar berupa pujian ,tidak masalah cukup dibalas dengan ucapan terima kasih.Tapi kalau komentarnya berupa kritikan, kecaman, dan umpatan, nah lho…harus siapkan senjata pamungkasnya.Ada beberapa pedoman yang dapat dilakukan untuk menghadapi komentar seperti ini.Pedoman ini menurut pengalaman mas Ndoro Kakung, seorang Blogger dan Jurnalis yang juga seorang penulis pada beberapa media terkenal yang dituliskan pada buku Ngeblog Dengan Hati.
1.Pedoman pertama, abaikan saja.
Konsekuensi mempunyai blog dan memposting akan siap menerima berbagai komentar positif maupun negatif.Tidak peduli apakah tulisannya bagus atau jelek.Cara menghadapainya yaitu menafikannya.Membela diri justru akan membuat mereka meningkatkan serangan.
2.Pedoman kedua, ucapkan terima kasih.

Mendapat komentar aneh seperti memaki atau mengumpat dengan bahasa kasar, sehingga menyakitkan hati, santai saja.Ucapkan saja terima kasih atas kunjungan dan komentar mereka.Akuilah dengan rendah hati bahwa anda memang masih belajar dan terus membutuhkan masukan.Kalau memang ada kesalahan, mohon dikoreksi.
3.Pedoman ketiga, biarkan pengunjung lain membantu.

Blogger dan penggemarnya memiliki ikatan yang unik dan membentuk sebuah komunitas.Tanpa diminta, para pembaca setia blog akan bereaksi bila mereka menemukan komentar yang tak pantas.Biarkan pembaca blog ikut berpendapat dan menanggapi komentar-komentar miring.Dengan demikian akan menumbuhkan kesetiaan.
Khalayak setia adalah benteng pertahanan terbaik untuk menghadapi hujatan.

4.Pedoman keempat, pertahankan.

Para pembaca memberi masukan pada postingan anda yang kurang sempurna atau mengandung kesalahan.Terimalah dengan lapang hati dan lakukan koreksi bila
ada yang kurang tepat.Namun tetap saja ada pembaca yang tidak setuju dengan postingan anda, pertahankanlah.Beri bukti, contoh, atau data yang memperkuat.Bila perlu, bikin postingan susulan yang berisi penjelasan lebih detail.
5.Pedomaan kelima, lakukan perubahan.

Bila terus menerima kritik tentang topik yang sama, sebaiknya jangan keras kepala.Barangkali saat anda melakukan perubahan.Tunjukkan pada khalayak bahwa anda pun bisa berubah.Beradaptasilah menyesuaikan kebutuhan mereka dengan kepentingan anda.
Gimana? Apa anda mempunyai senjata ampuh yang lain untuk menghadapi komentar-komentar yang menyakitkan ini?
Bagi blogpopuler, komentar apapun masih bisa diterima selama masih tingkat yang wajar-wajar saja.

0 komentar:

Klik Buton di samping Untuk lihat komentar yang masuk:

Posting Komentar

Di Tunggu Komentarnya ya..
kalau Teman ga punya akun terdaftar..
Pilih aja anonymous atau Name & Url..

Salam..